Embung Nagari Toboh Gadang Bakal Jadi Rekreasi Keluarga

PADANG PARIAMAN – Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid pada Kamis (8/2) melakukan peninjauan ke lokasi embung di Nagari Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Peninjauan dilakukan mengingat pada 2017 lalu, Kemendes PDTT melakukan revitalisasi terhadap pembangunan embung tersebut yang memiliki luasan area sekitar 2,5 hektar dan mengaliri hingga tiga kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita sudah lakukan peninjauan, mudah-mudahan di lokasi ini akan melahirkan satu program yang terintegrasi. Baik sebagai pengairan sawah, destinasi wisata dan sebagai sarana olahraga yang telah direncanakan oleh Nagari Toboh Gadang,” kata Taufik Madjid usai melakukan peninjaun.

Dalam laporan yang diterimanya bahwa lahan sawah yang dialiri oleh air yang berasal dari embung Toboh Gadang cukup luas yakni 800 hektar atau mengairi 3 kecamatan. Bukan hanya untuk mengairi sawah saja. Namun, direncanakan akan menjadi distinasi wisata dan sarana olahraga di sekitar embung.

“Kami apresiasi mudah-mudahan apa yang direncanakan ini tetap konsisten dan kita jaga supaya bisa berjalan dengan dukungan komitmen yang kuat. Sehingga, pendapatan ekonomi di Nagari Toboh Gadang akan semakin meningkat,” katanya.

Sementara itu, Wali Nagari atau Kepala Desa Toboh Gadang menyampaikan bahwa luasan embung dan sekitar embung yang telah dibebaskan adalah seluas 5 hektar. Dari 5 hektar tersebut digunakan untuk embung seluaS 2,5 hektar dan sisanya direncanakan akan dibangun sarana olahraga lapangan bola dan waterpark yang bisa menjadi tempat pemandian wisata keluarga.

“Lahan sudah kami bebaskan, tinggal dana untuk pembangunan tempat rekreasi keluarga untuk pendapatan di desa kami. Kami juga akan membangun Badan Usaha Milik Nagari untuk mengelola ini semua,” ujarnya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan